Memahami Kegiatan Remedial dan Pengayaan untuk Perbaikan Pembelajaran
Posted on Januari 20, 2008 by
Pakde sofa
Memahami Kegiatan Remedial dan
Pengayaan untuk Perbaikan Pembelajaran
Kegiatan
remedial adalah kegiatan yang ditujukan untuk membantu siswa yang mengalami
kesulitan dalam menguasai materi pelajaran. Sesuai dengan pengertiannya, tujuan
kegiatan remedial ialah membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah
ditetapkan dalam kurikulum yang berlaku.
Dalam
kaitannya dengan proses pembelajaran, fungsi kegiatan remedial adalah:
·
memperbaiki cara belajar siswa dan cara mengajar
guru (fungsi korektif);
·
meningkatkan pemahaman guru dan siswa terhadap
kelebihan dan kekurangan dirinya (fungsi pemahaman);
·
menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik
siswa (fungsi penyesuaian);
·
mempercepat penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran (fungsi akselerasi); dan
·
membantu mengatasi kesulitan siswa dalam aspek
sosial-pribadi (fungsi terapeutik).
Perbedaan
kegiatan remedial dari pembelajaran biasa terletak pada pendekatan yang
digunakan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan remedial
direncanakan dan dilaksanakan berdasarkan kebutuhan individu atau kelompok
siswa. Sedangkan pembelajaran biasa menerapkan pendekatan klasikal, baik dalam perencanaan
maupun dalam pelaksanaannya.
Kegiatan
remedial dapat dilaksanakan sebelum kegiatan pembelajaran biasa untuk membantu
siswa yang diduga akan mengalami kesulitan (preventif); setelah kegiatan
pembelajaran biasa untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar
(kuratif); atau selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran biasa
(pengembangan).
Dalam
melaksanakan kegiatan remedial guru dapat menerapkan berbagai metode dan media
sesuai dengan kesulitan yang dihadapi dan tingkat kemampuan siswa serta
menekankan pada segi kekuatan yang dimiliki siswa.
Langkah-langkah
yang harus ditempuh dalam kegiatan remedial adalah:
·
analisis hasil diagnosis kesulitan belajar,
·
menemukan penyebab kesulitan,
·
menyusun rencana kegiatan remedial,
·
melaksanakan kegiatan remedial, dan
·
menilai kegiatan remedial.
Kegiatan Pengayaan
Kegiatan
pengayaan adalah kegiatan yang diberikan kepada siswa kelompok cepat agar
mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal dengan memanfaatkan sisa
waktu yang dimilikinya.
Kegiatan
pengayaan dilaksanakan dengan tujuan memberikan kesempatan kepada siswa untuk
memperdalam penguasaan materi pelajaran yang berkaitan dengan tugas belajar
yang sedang dilaksanakan sehingga tercapai tingkat perkembangan yang optimal.
Tugas yang dapat
diberikan guru pada siswa yang mengikuti kegiatan pengayaan di antaranya adalah
memberikan kesempatan menjadi tutor sebaya, mengembangkan latihan praktis dari
materi yang sedang dibahas, membuat hasil karya, melakukan suatu proyek,
membahas masalah, atau mengerjakan permainan yang harus diselesaikan siswa.
Apapun kegiatan yang dipilih guru, hendaknya kegiatan pengayaan tersebut
menyenangkan dan mengembangkan kemampuan kognitif tinggi sehingga mendorong
siswa untuk mengerjakan tugas yang diberikan.
Dalam memilih dan melaksanakan
kegiatan pengayaan, guru harus memperhatikan:
·
faktor siswa, baik faktor minat maupun faktor
psikologis lainnya,
·
faktor manfaat edukatif, dan
·
faktor waktu.
Sumber buku Belajar Pembelajaran
2 karya Suciati, dkk
No comments:
Post a Comment