Friday 10 January 2014

Keterampilan Membaca

Pengertian Keterampilan Membaca

           Keterampilan beberapa bahasa sebagaimana di ketahui  ada  empaat  jenis meliputi membaca, menyimak,menulis, dan berbicara kempat keterampilan ini adalah satu kesatuan yang tidak dapat di pisahkan oleh karenaa itu, sebaiknya di laksnakan secaara seimbang dan terpadu.
            Keterampilan  membaca  adalah salah satu keterampilan berbahasa yang strategis dan mutlak di kuasai oleh siswa SD setelah mampu menyimak dan berbicara Abdul Khalik (2009:22).hal ini sejalan dengan mendapat Syafi’I (1994;42) bahwa:
            Kemampuan  dan keterampilan baca tulis  khususnya keterampilan membaca harus  segera  di kuasai oleh para siswa sejak SD, karena kemampuan  dan keterampilan ini secara langsung berkaitan dengan seluruh proses kegiatan belajar di sekolah.keberjhasilan siswa dalam mengikuti seluruh mata pelajaran dan untuk  meningkatkan berbagai di siplin ilmu pengetahuan sangat di pengaruhi oleh kemampuan membaca.
            Pentingnya kemapuan  dan keterampilan membaca pada setiap orang di ungkapkan oleh Burn Roll Dan ross (1996:5) dalamKhalik 2002:22) bahwa kemampuan membaca merupakan kemampuan yang mutlak di kuasai  oleh masyarakat yang ingin maju ( melek huruf ) anak  yang tidak mampu  membaca  akan mengalami  kesulitan dalam belajar. Sebaliknya anak yang memiliki  kemampuan  membaca  yang lebih baik akan  lebih  mampu menyesuaikan perkemabaga dalam  berbagai bidang dalam kehidupan mereka.
            Membaca merupakan keterampilan  mengenal  dan memahami tulisan dalam bentuk urutan lambang-lambang grafis dan perubahnnya menjadi cara  bermakna dalam bentuk pemahaman diam-diam atau pengujaran keras-keras. Pengenalan dan pemahaman tulisan dalam bentuk urutan lambang-lambang grafis dan perubahannya menjadi wicara bermakna ini pada umumnya  sulit bagi siswa SD pada kelas rendah, utamanya bagi siswa kelas I SD.
            Untuk itu di perlukan pembelajaran membaca sistematis dan  bertahap dalam memberikan bekal kempuan dan keterampilan  membaca  kepada  siswa SD. Tahapan pembelajaran membaca di mulai  di kela-kelas awal yaitu kelas satu dan kelas dua  di lanjutkan pembelajaran membaca di kelas kelas tinggi yaitu kels III sampai dengan kelas VI.
Referensi :

Khalik,Abdul.2009.Penelitian tindakan Kelas Makassar ; PGSD FIP UNM 

No comments:

Post a Comment