Pengertian Keterampilan Membaca
Keterampilan beberapa bahasa sebagaimana di ketahui ada
empaat jenis meliputi membaca,
menyimak,menulis, dan berbicara kempat keterampilan ini adalah satu kesatuan
yang tidak dapat di pisahkan oleh karenaa itu, sebaiknya di laksnakan secaara
seimbang dan terpadu.
Keterampilan membaca
adalah salah satu keterampilan berbahasa yang strategis dan mutlak di
kuasai oleh siswa SD setelah mampu menyimak dan berbicara Abdul Khalik
(2009:22).hal ini sejalan dengan mendapat Syafi’I (1994;42) bahwa:
Kemampuan dan keterampilan baca tulis khususnya keterampilan membaca harus segera
di kuasai oleh para siswa sejak SD, karena kemampuan dan keterampilan ini secara langsung
berkaitan dengan seluruh proses kegiatan belajar di sekolah.keberjhasilan siswa
dalam mengikuti seluruh mata pelajaran dan untuk meningkatkan berbagai di siplin ilmu pengetahuan
sangat di pengaruhi oleh kemampuan membaca.
Pentingnya
kemapuan dan keterampilan
membaca pada
setiap orang di ungkapkan oleh Burn Roll Dan ross (1996:5) dalamKhalik
2002:22) bahwa kemampuan membaca merupakan kemampuan yang mutlak di
kuasai oleh masyarakat yang ingin maju ( melek huruf
) anak yang tidak mampu membaca
akan mengalami kesulitan dalam
belajar. Sebaliknya anak yang memiliki
kemampuan membaca yang lebih baik akan lebih
mampu menyesuaikan perkemabaga dalam
berbagai bidang dalam kehidupan mereka.
Membaca merupakan
keterampilan mengenal dan memahami tulisan dalam bentuk urutan
lambang-lambang grafis dan perubahnnya menjadi cara bermakna dalam bentuk pemahaman diam-diam
atau pengujaran keras-keras. Pengenalan dan pemahaman tulisan dalam
bentuk urutan lambang-lambang grafis dan perubahannya menjadi wicara bermakna
ini pada umumnya sulit bagi siswa SD
pada kelas rendah, utamanya bagi siswa kelas I SD.
Untuk itu di
perlukan pembelajaran membaca sistematis dan
bertahap dalam memberikan bekal kempuan dan keterampilan membaca
kepada siswa SD. Tahapan
pembelajaran membaca di mulai di
kela-kelas awal yaitu kelas satu dan kelas dua
di lanjutkan pembelajaran membaca di kelas kelas tinggi yaitu kels III sampai
dengan kelas VI.
Referensi :
Khalik,Abdul.2009.Penelitian
tindakan Kelas Makassar ; PGSD
FIP UNM
No comments:
Post a Comment