Thursday 9 January 2014

Contoh Judul Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Bagi kalian mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang sedang merencanakan tugas akhir dan masih bingung menentukan judul skripsi, berikut saya berikan beberapa contoh judul Skripsi PGSD.
  1. PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK THINK-PAIR SQUARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR
    (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Citrasari Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat)
  2. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA PEMBELAJARAN PEREDARAN DARAH MANUSIA MELALUI PENDEKATAN CTL
    (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)
    (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Cibeureum V Cimahi Selatan Tahun Pelajaran 2009/2010)
  3. PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI CAHAYA KELAS V MELALUI PENGGUNAAN PEDOMAN MEMBACA
    (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Gudang III Kecamatan Cikalongkulon Kab Cianjur)
  4. MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH VOLUME BALOK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIK
  5. PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA TOPIK PENGARUH PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK TERHADAP DARATAN
  6. PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
  7. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
    (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas IV SDN Citrasari Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat Tahun Ajaran 2009-2010)
  8. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI METODE KOLABORASI DI KELAS IV SDN PANCASILA
  9. PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI GAYA MELALUI PENGGUNAAN PEDOMAN MEMBACA
    (Penelitian Tindakan Kelas Siswa V di SDN Ciwaregu Cikalongkulon – Cianjur)
  10. PEMBELAJARAN IPA TOPIK BUNYI MELALUI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GIRI MEKAR KECAMATAN CIATER KABUPATEN SUBANG
  11. PENGGUNAAN ALAT PERAGA TULANG NAPIER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PERKALIAN
  12. UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI MODEL KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN IPA TOPIK SIFAT-SIFAT CAHAYA
    (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Bukanagara Kec. Lembang Kab. Bandung Barat Tahun Pelajaran 2009/2010)
  13. UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TENTANG PERPINDAHAN ENERGI PANAS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR
    (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Batujajar 04 Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2009รข€“2010)
  14. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DENGAN ALAT PERAGA MANIPULATIF
  15. UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA DI KELAS IV SD NEGERI TUGUSARI KECAMATAN CIANJUR KABUPATEN CIANJUR
  16. PEMBELAJARAN IPA TOPIK SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
  17. PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KONSEP ENERGI
  18. PENGGUNAAN KERTAS BERPETAK DAN PENERAPAN STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN LUAS BANGUN DATAR
  19. PENGARUH ADIKSI ONLINE GAME TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL PADA REMAJA
  20. PENGGUNAAN PEDOMAN MEMBACA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAHAMAN DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI STRUKTUR BUMI DAN PEMBENTUKAN TANAH
  21. PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI DAN PENGUKURAN UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA
  22. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA TENTANG PENCEMARAN LINGKUNGAN
  23. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SUMBER DAYA ALAM MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN IPA
  24. PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG AKTIVITAS EKONOMI TERKAIT SUMBER DAYA ALAM DAN POTENSI DAERAH PADA PELAJARAN IPS
    (Tindakan Kelas Di Kelas IV SDN 11 Lembang)
  25. PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENGGGUNAAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR
  26. UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW
  27. PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI
    (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN 2 Lembang)
  28. PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR
  29. PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN BAHASA
  30. PENERAPAN METODE INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI
    POKOK MEMELIHARA DAN MELESTARIKAN ALAM DI KELAS III SDN MUNJUL JAYA SUBANG
  31. MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V POKOK BAHASAN PENYESUAIAN DIRI MAKHLUK HIDUP MELALUI PENDEKATAN INKUIRI
  32. PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA POKOK BAHASAN DAUR AIR
  33. PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATERI PERISTIWA SEKITAR SUMPAH PEMUDA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD
  34. PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF PADA SISWA TUNANETRA
  35. UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN PROSES MENULIS DI KELAS IV SDN 1 GUDANGKAHURIPAN KECAMATAN LEMBANG KABUPATEN BANDUNG BARAT
  36. PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS IV SDN BANYUHURIP KABUPATEN BANDUNG BARAT
  37. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
  38. UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)
  39. Pengaruh Pendekatan Inkuiri Terhadap Peningkatan Pemahaman dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV Pada Materi Perubahan Fisik Lingkungan.
  40. PENERAPAN PENDEKATAN PRAGMATIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V DI SDN 1 KAYUAMBON KECAMATAN LEMBANG KABUPATEN BANDUNG BARAT
  41. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERMAIN DRAMA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW
  42. UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN OUTDOOR LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN 1 GUDANG KAHURIPAN KABUPATEN BANDUNG BARAT
  43. PEMANFAATAN MEDIA ALAM SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI
  44. PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DI KELAS 1 SDN 1 KAREDOK KABUPATEN SUMEDANG
  45. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN ISI CERITA MELALUI PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA PADA POKOK BAHASAN CERITA ANAK DI KELAS V SDN 2 GUDANGKAHURIPAN LEMBANG KABUPATEN BANDUNG BARAT
  46. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI PERMASALAHAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
  47. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I PADA MATA PELAJARAN IPA TENTANG BENDA – BANDA LANGIT MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR
  48. PENGGUNAAN MEDIA PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan Di Kelas V SD Negeri Merdeka Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat)
  49. PENGGUNAAN METODE PENEMUAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KONSEP BANGUN RUANG DI KELAS V
  50. PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW II UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

2 comments:

  1. (Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

    ReplyDelete