BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Program
Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program pelatihan yang menerapkan berbagai
pengetahuan, keterampilan, dan sikap mahasiswa dalam rangka pembentukan seorang
guru yang profesional. PPL merupakan mata kuliah yang wajib
ditempuh olah semua mahasiswa FKIP UNSRI dengan bobot 5 sks, di mana 2 sks
telah dilaksanakan di kampus sebagai mata kuliah PPL I.
Program
ini dirancang oleh FKIP UNSRI. Sebagai lembaga pendidikan tinggi yang
menghasilkan tenaga pendidik yang siap pakai, dan menyiapkan mahasiswa calon
guru yang profesional, menguasai kemampuan keguruan yang terpadu secara utuh,
serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa FKIP UNSRI untuk mempraktikkan
ilmu yang telah diperolehnya di bangku kuliah dalam situasi nyata. Dengan demikian, diharapkan setelah menjadi
guru mahasiswa FKIP UNSRI dapat mengemban tugas dan tanggung jawabnya secara
profesional.
Kegiatan-kegiatan
PPL dilakukan secara sistematis, yang diawali dengan pengenalan medan.
Pelatihan keterampilan dasar mengajar, pelatihan keterampilan terbimbing,
pelatihan keterampilan mandiri, serta ujian praktik. Dalam pelaksanaan PPL,
mahasiswa tidak hanya dituntut melaksanakan tugasnya sebagai seorang guru di
kelas, tetapi juga dituntut mampu melaksanakan tugas dan kegiatan administrasi
pendidikan lainnya. Hal ini dimaksudkan agar para mahasiswa dapat memahami
bahwa seorang guru tidak hanya melaksanakan tugasnya mengajar di kelas, tetapi
juga dapat melaksanakan tugas keguruan lainnya. Oleh sebab itu, PPL dinilai sangat
strategis untuk menyiapkan tenaga pendidik profesional di masa yang akan
datang.
Kualitas para alumni FKIP
Universitas Sriwijaya terus-menerus ditingkatkan dan diperbaiki. Peningkatan
tidak hanya dilakukan pada kemampuan penguasaan bahan ajar tetapi juga
keterampilan mengajar dan membina para siswa. Keterampilan mengajar sebenarnya
sudah diberikan dalam kegiatan perkuliahan di kelas melalui program PPL I yang
meliputi peer teching dan micro teaching. Kedua program tersebut ditujukan
untuk memberikan gambaran tentang pengajaran di kelas namun dalam ruang lingkup
terbatas. Melalui kegiatan PPL inilah mahasiswa memperoleh pengalaman mengajar
yang sebenarnya dan seluas-luasnya.
1.2 Tujuan
Secara
umum Program Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih mahasiswa calon
pendidik agar memiliki kemampuan menerapkan kinerja yang baik di situasi nyata,
baik dalam kegiatan mengajar maupun dalam melaksanakan tugas-tugas keguruan
lainnya.
Secara khusus, PPL bertujuan agar
mahasiswa sebagai calon pendidik mampu untuk :
1. Mengenal secara cermat lingkungan fisik,
administratif, akademik, dan psikologi sosial sekolah tempat pelatihan.
2. Menguasai berbagai keterampilan dasar
mengajar.
3. Menerapkan berbagai kemampuan profesional
keguruan secara utuh dan terpadu dalam situasi nyata di sekolah.
4. Mengembangkan aspek pribadi dan sosial di
lingkungan sekolah.
5. Menarik kesimpulan nilai edukatif
penghayatan dan pengalamannya selama pelatihan melalui refleksi dan
menuangkannya dalam bentuk laporan.
1.3 Manfaat
Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki manfaat bagi semua pihak yang terkait.
Adapun manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut :
1. Bagi lembaga dan sekolah, dapat membantu
mahasiswa PPL untuk menjadi pendidik yang profesional.
2. Bagi siswa, mendapatkan pengalaman baru
dalam pembelajarannya baik itu dari segi guru yang baru dan cara-cara
pembelajaran yang baik.
3. Bagi guru pamong, dapat berbagi pengalaman
dengan guru PPL yang masih baru mengenai cara-cara pembelajaran yang baik
4. Bagi mahasiswa;
- Dapat mengenal lingkungan sekolah
berupa lingkungan fisik, fasilitas, penggunaan sekolah, keadaan guru dan siswa,
interaksi sosial dan tata tertib serta administrasi sekolah.
- Mahasiswa dapat mengetahui keterampilan
dasar mengajar.
- Mahasiswa dapat mentransfer dan
mengaplikasikan ilmu yang telah diperolehnya kepada anak didiknya.
- Mahasiswa berkepribadian yang baik dan
menjunjung tinggi etika profesi keguruan serta menumbuhkan etos kerja.
5. Bagi FKIP, dapat mengetahui
kemampuan mahasiswa-mahasiswa FKIP dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru
juga sebagai refleksi bagi FKIP untuk meningkatkan kualitas calon-calon guru.
No comments:
Post a Comment