Monday 27 January 2014

Contoh RPP Kelas VII Bahasa Indonesia Materi Berita

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
: SMP  NEGERI 1 INDERALAYA SELATAN
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas   /Semester
: VII/1
Standar Kompetensi
: Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
Kompetensi Dasar
: Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
Alokasi Waktu           
:   4  X  40 menit ( 2 pertemuan)

                                                                                                 
I.              Tujuan Pembelajaran
1)        Melalui diskusi siswa mampu menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan
2)        Melalui inkuiri siswa mampu menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
3)        Melalui diskusi dan resitasi siswa mampu menyimpulkan isi berita dalam satu alenia

II.           Materi Pokok : Penyimpulan berita
Materi Pembelajaran
a.       Pengertian Berita
Berita Berita adalah informasi seputar peristiwa yang terjadi pada suatu waktu. Jika disampaikan dengan cara dibacakan, baik melalui media televisi, radio, maupun dibacakan oleh teman, berita tersebut merupakan ragam bicara yang diterima informasinya dengan cara didengarkan atau disimak. Ciriciri sebuah berita yang baik antara lain menarik perhatian, aktual (terkini), segera, singkat, lugas, dan sederhana.
Masalah-masalah aktual adalah masalah yang menjadi perbincangan hangat orang banyak saat ini. Permasalahan aktual dapat berupa kejadian massal, seperti bencana alam, demonstrasi, tawuran, dan wabah penyakit. Selain itu, dapat pula kejadian yang menimpa seseorang, seperti tragedy akibat kasus tertentu dan kriminalitas
b.    Cara mengetahui pokok berita
Untuk dapat mengetahui pokok-pokok berita dengan mudah, perhatikanlah beberapa hal berikut ini.
a. Pokok berita atau berita utama biasanya disampaikan di awal pembacaan berita.
b. Pahamilah peristiwa yang terjadi, sebab peristiwa, tempat peristiwa, dan siapa saja yang terlibat dalam peristiwa tersebut.
c. Apa akibat dari peristiwa tersebut karena akan menjelaskan pokok berita.
d. Pendapat seseorang atau seorang ahli biasanya juga menjelaskan pokok berita.

c.         Mendengarkan berita
Hal yang dapat dilakukan saat mendengarkan berita:
a. Mendengarkan dengan penuh konsentrasi sehingga mampu merekam penyampaian berita tersebut.
b. Mendengarkan sambil melakukan pencatatan pokok-pokok isi berita.
c. Merekam dengan alat bantu, misalnya foto/kamera, video, tape recorder, dan sebagainya

III.                  Metode Pembelajaran
a.       Ceramah
b.      Diskusi
c.       Inkuiri
d.      Pemodelan
e.       resitasi

IV.             Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
4.1 Pertemuan Pertama
No
Jenis Kegiatan
Langkah-langkah
Waktu (menit)
1
Kegiatan Awal
1.      Guru mengkondisikan kelas
2.      Siswa mempersiapkan diri untuk belajar
3.      Guru menunjukkan kompetensi dasar serta tujuan dalam pembelajaran
4.      Guru melakukan apersepsi



20
2
Kegiatan inti
1.        Guru dan siswa bertanya jawab pengertian berita
2.        Guru membagi kelompok siswa
3.        Siswa membacakan berita yang diberikan oleh guru
4.        Siswa mendengarkan berita yang dibacakan oleh guru
5.        Siswa menuliskan pokok-pokok berita
6.        Siswa memberikan komentar terhadap isi berita melalui diskusi
7.        Siswa menyerahkan hasil kelompok kepada guru







50
3
Kegiatan Akhir
1)        Siswa dan guru melakukan refleksi
2)        Guru memberikan tugas untuk pemantapan materi

10

4.2 Pertemuan kedua
No
Jenis Kegiatan
Langkah-langkah
Waktu
1
Kegiatan Awal
1.      Guru mengkondisikan kelas
2.      Siswa menyiapkan kembali catatan hasil kegiatan belajar pada pertemuan sebelumnya
3.      Guru melakukan apersepsi



10
2
Kegiatan inti
1.         Guru dan siswa kembali bertanya jawab tentang berita
2.         Siswa melanjutkan tugas menyarikan pokok-pokok berita menjadi berita
3.         Siswa menyimpulkan isi berita dalam satu alenia
4.         Siswa menyempurnakan hasil tulisannya sesuai masukkan teman dan guru






70
3
Kegiatan Akhir
1.      Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan pengumuman yang baik.
2.      Siswa dan guru melakukan refleksi
3.        Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu


10

V.                Media dan Sumber Belajar
1.      Media yang digunakan yaitu teks berita (terlampir)
2.      Infokus
3.      Whiteboard
4.      Sumber belajar, buku paket Bahasa dan Sastra Indonesia I, Penerbit Pusat Perbukuan Depdiknas

VI.             Penilaian
a.       Teknik                   : Tes Unjuk Kerja
b.      Bentuk Instrumen             : Tes Uraian (terlampir)

VII.          Rubrik Penilaian
No
Indikator
Soal
Kunci
Penilaian
Skor
Skor Maks
Aspek
Deskriptor
1
Siswa mampu menunjukkan pokok-pokok beita yang didengarkan
Untuk menguji pemahan kalian, jawablah pertanyaan berikut ini.
Ter- lampir
Ketepatan menunjukkan pokok-pokok berita
a.         Tepat
b.         Cukup tepat
c.         Kurang tepat

20
10
5


20
2.
Mampu menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
Sebutkan 5 pokok-pokok berita di atas!
terlampir

a.         Membuat 5 pokok
b.         Membuat 4 pokok
c.         Membuat 1-3 pokok
d.        Tidak membuat

30

20

10

0




30
3.
Mampu menyimpulkan isi berita menjadi sebuah berita
Tuliskanlah simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alenia.
terlampir

a.       Tepat
b.      Cukup tepat
c.       Kurang tepat
50
25

10

50


Mengetahui,                                                                            Inderalaya, 2 Oktober  2011
Guru Pamong                                                                          Mahasiswa Praktik


Dewi Shintawati, S.Pd.                                                          Sitra Wijaya
NIP 19711127 200701 2 004                                                 NIM 0608102033

Kepala Sekolah,



Junaidi, S.Pd.
NIP 19671130 1990031004






Lampiran
1.      Berita

Budaya Sains Perlu ditumbuhkan
Olimpiade Sains Nasional merupakan ajang kompetisi yang cukup bergengsi. Namun, ajang ini masih dipandang sebagai kompetisi belaka. Kompetisi ini belum dipandang sebagai upaya untuk mendorong tumbuhnya budaya mencintai sains. Akibatnya, kegiatan ini hanya sebatas mendulang medali saja. Hal ini akan memberi rasa kebanggaan bagi provinsi yang diwakilinya.
Kegiatan ini terangkat dalam perbincangan dengan sejumlah guru, siswa, dan orang tua dalam pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) VI di Surabaya, Rabu (5/9). "Semangat untuk unggul di pelajaran sains memang masih untuk kompetisi. Untuk pembelajaran di kelas, masih terkendala sarana dan prasarananya. Kesannya kegiatan ini hanya untuk anak-anak yang cerdas saja. Belajar sains itu harus bisa disukai setiap anak-anak kata wakil komite sekolah di Makassar. "Persiapan untuk siswa yang ikut OSN kan terbatas. Jika sains diajarkan dengan enak, alat-alat laboratoriumnya lengkap, belajar sains jadi menyenangkan," kata Hana M. Aritonang, peserta dari Papua.
Selain itu, seorang guru pendamping dari daerah lain mengeluh bahwa siswanya yang ikut terseleksi hingga tingkat provinsi belum mendapat pembinaan yang maksimal.
Sumber: Kompas, 6 September 2007
dengan ubahan seperlunya

2.      Instrumen

1.      Setelah kalian menyimak berita tersebut, cobalah pahami isinya. Untuk menguji pemahaman kalian, jawablah pertanyaan berikut ini!
a. Di mana OSN berlangsung?
b. Mengapa olimpiade ini hanya sebagai ajang kompetisi?
c. Apa yang mereka harapkan dari kegiatan itu?
d. Adakah kendala yang dihadapi peserta?
e. Bagaimana agar belajar sains menyenangkan?

Jawab:
a.    Surabaya
b.    Karena kompetisi ini belum dipandang sebagai upaya untuk mendorong tumbuhnya budaya mencintai sains.
c.    Agar siswa mencintai sains
d.    Sarana dan prasaranya
e.    Diajarkan dengan enak dan alat-alat laboratoriumnya lengkap
2.      Sebutkan lima pokok-pokok berita tersebut!
Jawab:
1.      OSN merupakan ajang kompetesi bergengsi
2.      OSN VI dilaksanakan di Surabaya
3.      Pembelajaran masih terkendala sarana dan prasarana
4.      OSN terkesan hanya untuk anak-anak cerdas
5.      Siswa belum mendapatkan pembinaan yang maksimal

3.      Tuliskanlah simpulan isi berita yang kamu dengar ke dalam satu alenia!
Jawab:
OSN merupakan ajang kompetesi bergengsi. OSN VI dilaksanakan di Surabaya, namun masih terkendala sarana dan prasarana. Selain itu OSN terkesan hanya untuk anak-anak cerdas.

No comments:

Post a Comment