Tuesday 13 March 2012

Pemanasan Global


Pemanasan gobal merupakan masalah yang paling banyak dibicarakan oleh masyarakat dunia saat ini. Pemanasan global atau Global Warming adalah peningkatan suhu rata-rata permukaan bumu. Planet bumi yang kita tempati ini terus mengalami peningkatan suhu yang mengkhawatirkan dari tahun ke tahun. Apa yang menyebabkan suhu permukaan bumi ini bisa meningkat?.
            Bukti-bukti yang menunjukan bahwa bumi kita ini sedang mengalami pemanasan global bisa kita lihat dari keaadan bumi dahulu dan keaadan bumi sekarang. Dari iklim dan cuaca perubahannya semakin ekstrim. Pola curah hujan berubah-ubah tanpa dapat diprediksi sehingga menyebabkan banjir disuatu tempat sementara kekeringan di tempat lain. Contohnya, pada tahun-tahun sebelumnya akhir agustus hingga September terjadi musim hujan. Namun, pada tahun ini hingga pertengahan September cuaca belum menunjukan akan turun hujan.
            Selain dari perubahan iklim dan cuaca bukti bahwa sedang terjadi pemanasan global ialah peningkatan kasus alergi yang berhubungan dengan kesehatan. Kita sering mengalami bersin-bersin, gatal-gatal dan flu. Dulu, kasus flu burung dan flu babi hanya terjadi  di Negara-negara Benua Amerika. Namun, sekarang kasus tersebut sudah terjadi di Negara-negara Asia, dan Negara kita pun menjadi salah satunya.
Pemanasan gobal tidak akan terjadi secepat ini kalu manusia mempunyai rasa peduli terhadap lingkungan. Gas rumah kaca yang merupakan penyebab terjadinya pemanasan global adalah gas yang dihasilkan oleh aktivitas manusia seperti, peternakan, pembakaran bahan fosil pada kendaraan bermotor, pabrik-pabrik modern, serta pembangkit tenaga listrik.
Selain itu, pemanasan global juga disebabkan oleh sipat manusia yang terus ingin memperkaya diri. Misalnya illegal loging dan penggunaan IPTEK. Illegal loging atau penggundulan hutan yang dilakukan manusia menyebabkan terjadinya erosi, longsor dan panas. Begitu juga dengan penggunaan IPTEK seperti mesin-mesin pabrik dan kendaraan bermotor. Limbah dari pabrik dapat menyebabkan  tanah dan air tercemar, serta pembakaran pada kendaraan bermotor yang membuat polusi udara.
Pemanasan global memang menjadi masalah serius. Pemanasa global tidak dapat dihentikan karena ini merupakan aktivitas alam. Namun, setidaknya kita bisa melakukan hal-hal positif yang dapat memperlambat pemanasan global. Misalnya, menanam pohon di pekarangan rumah dan menggunakan IPTEK dengan benar. Dengan adanya pohon- pohon di pekarangan rumah, lingkungan tempat tinggal kita akan terasa sejuk. Begitu juga dengan penggunaan IPTEK yang benar. Lumpur Lapindo di Jawa Timur merupakan akibat dari penggunaan IPTEK yang dilakukan oleh manusia. Manusia tidak memikirkan dampak akhirnya dikarenakan manusia ingin terus memperkaya diri.
Keaadan bumi kita tidak lagi menunjukan sosok bumi yang sempurna. Alam kita sudah mulai mengalami kerusakan yang menuju pada kehancuran. Pemerintah khususnya Dinas Lingkungan harus lebih memperhatikan keadaan hutan di Indonesia. Padahal hutan di Indonesia telah dianggap sebagai paru-paru raksasa yang dapat menyerap melimpahnya gas karbondioksida di udara. Pemerintah  juga harus menggalakkan masyarakat untuk melakukan reboisasi terhadap hutan-hutan yang gundul. Dan masyarakat juga harus mempunyai sikap peduli terhadap lingkungan.

No comments:

Post a Comment